Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

VISI

Pada tahun 2029, menjadi program studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang unggul ditingkat nasional serta memiliki sikap peduli, kreatif, mandiri, dan adaptif.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang profesional.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dalam rangka pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat memenuhi kepentingan masyarakat (stakeholders).

TUJUAN

  1. Dapat dihasilkannya lulusan sebagai tenaga ahli yang berkualifikasi sebagai magister di bidang pendidikan yang memiliki karakteristik seperti telah diidentifikasikan dalam profil lulusan, yang siap untuk bekerja sebagai tenaga praktisioner (perencana, administrator/ pengelola/manajer, pelaksana teknis, atau supervisor/pengawas/inspektur/penilik/penyelia) dan/atau sebagai tenaga peneliti dan pengembang (konsultan, pelaksana teknis, asesor, dan auditor).
  2. Dapat dihasilkannya karya ilmiah (konsep, teori, model) dan karya inovatif rekayasa terapan yang tepat guna di bidang administrasi/manajemen pendidikan, baik secara fungsional (perencanaan, organisasi, kepemimpinan, pengendalian, pengawasan, dan kebijakan) maupun secara substansial.
  3. Dapat disebarluaskannya hasil karya penelitian dan pengembangan kepada berbagai pihak yang berkepentingan, baik para pembuat keputusan/ kebijakan, praktisi di lapangan, para peminat dan pemerhati, serta masyarakat pada umumnya.