• Email: kampus@unindra.ac.id
icon

Kampus A (Ranco)

(021) 7818718 – 78835283
icon

Kampus B (Gedong)

(021) 87797409 – 87781300

Pemerintah Kabupaten Kebumen Bersama Universitas Indraprasta PGRI Lakukan MoU

Pemerintah Kabupaten Kebumen Bersama Universitas Indraprasta PGRI Lakukan MoU

Pemerintah Kabupaten Kebumen Bersama Universitas Indraprasta PGRI Lakukan MoU

LasserNewsToday, Jakarta

Bupati Kabupaten Kebumen, KH .Yazid Mahfudz menerima usulan kerjasama dengan Universitas Indraprasta (Unindra) PGRI tentang Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Kabupaten Kebumen.

Kesepakatan Bersama yang di sampaikan oleh Unindra kepada Pemerintah Kabupaten Kebumen itu dengan surat Nomor : 10/R/PKS/UNINDRA/VIII/2019,disetujui oleh Bupati Kebumen dangan tandai penandatang oleh Kedua belah pihak, Bupati Kebumen, KH.Yazid Mahfud bersama Rektor Unindra.Prof. Dr H.Sumaryoto bertempat di ruang Pendopo Kantor Bupati Kebumen, Selasa (20/08/2019).

Adapun isi dari Memorandum Of Understanding (MoU) tersebut meliputi, Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Bidang Penelitian dan Pengembangan.Bidang Pengabdian Masyarakat (Abdimas). Pengembangan Geopark Karangsambung dan Karangbolong dan Bidang bidang lainnya sesuai kesepakatan para pihak. Didalam nota kesepakatan itu tercantum waktu masa dari MoU selama 24 Bulan.

 

Sedangkan MoU itu dibuat disetujui oleh kedua belah pihak dengan memperhatikan ketentuan Undang-undang antara lain ; Undang -undang No .13 Tahun 1950 tentang pembentukan Daerah-daerah Kabupaten dalam Lingkup Provinsi Jawa Tengah. Undang-undang No .17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara. Undang-undang Nomor.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikab Nasional. Undang-undang No.12 Tahun 2013 tentang Pendidikan. Undang-undang Nomor.23 Tqhun 2014 tentang Pemerintah Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah dan akhinya menjadi Undang-undang Nomor.9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang No.23 Tahun 2011 tentang Pemerintah Daerah. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor.28 Tahun 2018 tentang Kerjasama Daerah. Peraturan Daerah (Perda) Nomor.14 Tahun 2014 tentang Kerjasama Perguruan Tinggi. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor.50 Tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan serta berlandaskan adanya Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor.44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.


Disebutkan dalam MoU tersebut bahwa tujuan kerjasama ini dalam rangka melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Abdimas) melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Kebumen. Dan bertujuan mensinergikan peran dan fungsi antara Pemerintah Kabupaten Kebumen dengan Unindra dengan prinsip saling menguntungkan bagi peningkatan Pembangunan, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Kebumen.

Dihari yang sama, Tulus Widjo
ajanto.S.T,M.T, Ketua Team Penelitian Dan Pengusulan Geopark Nasional Karangsambung dan Karangbolong menuju Geopark Unesco kepada Wartawan, Selasa (20/08/2019) mengatakan, sangat mengapresiasi sikap Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam menyetejui MoU ini.

“Kami dari Unindara sangat pengapresiasi sikap yang di lakuakan Bupati Kebumen, KH.Yazid Mahfud dalam menyetujui kerjasama ini,” ujar Tulus.

Tulus yang merupakan Dosen di Unindra ini melanjutkan, Sebenernya MOU ini merupakan salah satu yang menjadi acuan sebagai syarat untuk menghantarkan geopark nasional Karangsambung-Karangbolong untuk mendapat pengakuan dari UNESCO. Sehingga MoU ini sangat penting.

“Unindra saat ini sedang membantu dan mendukung dalam pengajuan Geopark Nasional Karangsambung dan Karangbolong untuk mendapat pengakuan sebagai Geopark Unesco.” terangnya.

Ia menambahkan, adanya MoU ini juga sebagai salah satu langkah Unindra melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu bentuk pengabdian kapada masyarakat

“Kerjasama ini sangat jelas, untuk memajukan Kabupaten Kebumen, dan juga sebagai bukti nyata Unindra taat pada aturan khususnya dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.” katanya.

Diharapkan dengan MOU ini, apa yang sudah di lakukan untuk mendukung pengakuan geopark nasional karangsambung-karangbolong dapat terwujud sebagai geopark UNESCO.

“Diharapkan dari kerjasama ini akan selalu bersinergi untuk kepentingan masyarakat Kebumen. Dan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong menjadi Geopark diakui oleh Unesco dapat terwujud.” pungkasnya.

Penandatanganan kerjasama tersebut di saksikan oleh Wakil Bupati Kebumen,Arif Sugianto bersama Sekda Kebumen, Ahmad Ujang berserta Kepala Dinas dan Unsur Muspida Kebumen.

 

Sumber Berita

Editor Berita : Markominfo Unindra.