• Email: kampus@unindra.ac.id
icon

Kampus A (Ranco)

(021) 7818718 – 78835283
icon

Kampus B (Gedong)

(021) 87797409 – 87781300

SISWA SMK PURNAMA 2 GOMBONG DAPAT PELATIHAN UNBKP DARI UNINDRA

SISWA SMK PURNAMA 2 GOMBONG DAPAT PELATIHAN UNBKP DARI UNINDRA

SISWA SMK PURNAMA 2 GOMBONG DAPAT PELATIHAN UNBKP DARI UNINDRA

Selarasindo.com—Sebanyak 104 siswa/siswi kelas 12 SMK Purnama 2 Gombong, Kebumen Jawa Tengah, Sabtu 9 Februari 2019 dilatih dalam rangka menghadapi UNBKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil).

Kegiatan mandiri ini merupakan hasil kerjasama dengan Universitas Indraprasta PGRI Jakarta dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDIMAS) bidang pendidikan.

Tim dosen Unindra Jakarta bidang pendidikan yaitu TRYOUT/SIMULASI ujian bagi siswa/i SMK Purnama 2 Gombong dipimpin oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Adhi Susano, M.Kom.

H.Sutopo HS Kepala Sekolah, Prof. Dr. H. Sumaryoto, (Rektor Unindra), Ir. Joko Waluyo (Komite Sekolah) dan para dosen Unindra pada acara pelatihan UNBKP di SMK Purnama 2 Gombong Sabtu 9/2. (SH)

 

Unindra menugaskan 4 dosen dan 3 pendamping. Siswa diberikan 3 contoh soal mapel ujian yakni: Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dikatakan oleh Sutopo HS Kepala SMK Purnama 2 Gombong bahwa pelatihan ujian ini untuk memberikan support kepada siswa yang dalam waktu dekat ini akan menghadapi ujian nasional.

 

 

Siswa kelas 12 SMK Purnama 2 Gombong saat pelatihan UNBKP (kiri). Siswa tengah mendapat pembekalan UNBKP dari para dosen Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Sabtu 9/2. (kanan) (Sh)

“Unindra memberikan penjelasan dan materi ketiga mapel tersebut sebagai bekal memasuki ujian kelak.” ujar Sutopo kepada selarasindo.com ketika ditemui di ruang kerjanya Sabtu 9/2. Atas kegiatan ini Sutopo menyampaikan banyak terimakasih kepada Unindra.

“Dengan pembekalan ini diharapkan kelak siswa semakin siap dalam menghadapi ujian.” tutur Sutopo HS.
Dari contoh soal yang diberikan dosen Unindra ini siswa bisa punya gambaran soal seperti apa yang akan muncul dalam UNBKP.

” Selanjutnya dalam belajar mereka juga jadi lebih fokus,” ujar Sutopo.

Latihan UNBKP selama satu hari dari pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB, Setelah siswa mengerjakan soal, selanjutnya jawaban dikoreksi dan hasilnya disampaikan kepada para siswa sebagai bahan evaluasi.

Sutopo berharap kegiatan ini juga dalam rangka memotivasi siswa agar setelah lulus terus bekerja dan diharapkan bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Motivasi.
Sebelum latihan dimulai, Adhi Susano M.Kom menuturkan bahwa Abdimas Unindra bidang pendidikan ini menuturkan bahwa latihan UNBK ini juga dalam rangka memotivasi kepada para siswa agar setelah lulus bukan sebatas untuk bekerja, berkeinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.
“Kami dari Unindra membantu memotivasi dan memfasilitasi agar lulusan SLTA tidak sebatas cari kerja, tapi juga berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi,” ujar Adhi Susano.

Dalam kesempatan tersebut Rektor Unindra Prof. Dr. H. Sumaryoto menyampaikan bahwa Unindra siap untuk membantu masyarakat ekonomi menengah bawah yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Sebab Unindra memiliki motto Kuliah Murah Tapi Bukan Murahan sehingga terjangkau bagi masyarakat ekonomi menengah bawah.

“Kami berharapkan generasi muda kita yang ingin melanjutkan hingga perguruan tinggi terus meningkat. Pemuda adalah calon penerus dan pemimpin bangsa. Maka perlu mendapat bekal pendidikan tinggi sehingga mampu berkompetisi dengan bangsa lain di dunia.” ujarnya. (Saring Hartoyo)

Komentar