Lembaga Pendidikan dan Pelatihan

Universitas Indraprasta PGRI | UNINDRA > Lembaga > Lembaga Pendidikan dan Pelatihan

Kepala             : Anna N. Sumaryoto, SE., MM

Sekretaris       : Dr. Hendro Prasetyono

 

Latar Belakang

Lembaga pendidikan dan pelatihan adalah “wadah” bagi kreativitas seluruh civitas akademika UNINDRA yang dituangkan dalam bentuk pelatihan, workshop dan kursus untuk meningkatkan kualitas dosen, karyawan, mahasiswa dan masyarakat umum. Lembaga pendidikan dan pelatihan yang dimiliki oleh Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) memiliki latar belakang pendirian yang cukup unik.

Salah satu pusat kajian yang dimiliki oleh UNINDRA adalah Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI).  PUSKANOMI sebagai organisasi dosen aktif dalam melaksanakan kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat dan diskusi ilmiah. Namun dalam pelaksanaan kegiatan sering kali kurang maksimal hasilnya. Hal ini salah satunya disebabkan karena anggaran biaya yang dimiliki oleh PUSKANOMI untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut belum memadai. Kondisi tersebut kemudian disiasati oleh para anggota dewan pengarah PUSKANOMI, yaitu Pak Akhmad Sefudin, Pak Tjipto Djuhartono dan Pak Syahidin untuk menyelenggarakan pelatihan dengan sasaran peserta adalah mahasiswa dan umum dengan tujuan untuk menambah kualitas lulusan mahasiswa UNINDRA dan selisih laba yang dihasilkan dari pelatihan dapat digunakan untuk “menggerakkan roda” kegiatan PUSKANOMI. Akhirnya terbentuklah 2 program pelatihan yaitu Pelatihan Pajak Brevet A&B dan Sertifikasi Zahir.

Pimpinan lembaga, yaitu Prof. Dr. Sumaryoto selaku rektor UNINDRA mendukung penuh kegiatan pelatihan tersebut dengan memberikan izin untuk menggunakan fasilitas UNINDRA seperti ruang kelas dan laboratorium kampus di Hari Minggu. Program pelatihan Pajak Brevet A&B diikuti oleh 72 peserta dan program pelatihan Sertifikasi Zahir diikuti oleh 141 Peserta.

Melihat kedua program pelatihan ini berlangsung sukses dan tuntutan akan peningkatan mutu lulusan UNINDRA semakin tinggi maka rektor memutuskan untuk membentuk lembaga pendidikan dan pelatihan UNINDRA dengan tugas peningkatan kualitas karyawan, dosen, mahasiswa dan masyarakat umum.  Sampai dengan saat ini telah ada 4 Program Pelatihan yang sedang dijalankan, yaitu Pelatihan Pajak Brevet A&B, Sertifikasi Zahir, Teknologi Informasi dan Public Speaking.

Visi

Membangun sumber daya manusia Indonesia yang peduli, kreatif, mandiri dan profesional.

 

Misi

  1. Melakukan pendidikan dan pelatihan
  2. Mengembangkan dan memberdayakan kemampuan karyawan dan dosen
  3. Menambah softskill lulusan mahasiswa UNINDRA
  4. Membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak

 

Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa UNINDRA dan masyarakat umum
  2. Meningkatkan kualitas dosen dan karyawan
  3. Meningkatkan kesejahteraan dosen dan karyawan
  4. Meningkatkan kinerja pusat kajian di UNINDRA

 

Tugas Lembaga Pendidikan dan Pelatihan

Sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Indraprasta PGRI Nomor: 06/R/UNINDRA/I/2017 tentang pembentukan dan pengangkatan kepala serta sekretaris lembaga pendidikan dan pelatihan Universitas Indraprasta PGRI, maka lembaga pendidikan dan pelatihan mempunyai tugas :

 

“Menyusun pedoman penyelenggaraan dan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi dosen, pegawai, mahasiswa dan umum.”

(Visited 296 times, 1 visits today)